Logo Bloomberg Technoz

Qodari menambahkan, soal pernyataan Hastoadanya menteri yang mendorong hal ini, kuat dugaan ini terarah kepada Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"Kalau saya duga Menteri yang dimaksud Hasto itu adalah pak Luhut. Karena  satu-satunya menteri yang bicara [soal perpanjangan masa jabatan] itu pak Luhut. Dan pak Luhut bicara perpanjangan masa jabatan," sebutnya. 

Qodari sendiri menyebut dengan tegas bahwa dirinya bersama dengan Jokpro juga menolak adanya wacana tiga periode tersebut. Menurutnya kedua pilihan tersebut tetap akan melalui jalur amandemen konstitusional. 

Hasto sendiri memang mengakui bahwa ada isu tiga periode ini dan PDIP menolak. Hasto sebelumnya menyebut terdapat sejumlah ketua umum partai mendorong isu itu sebagai permintaan 'Pak Lurah' alias Jokowi langsung. 

"Jadi saya sendiri mengalami itu. Jadi ketika saya sedang nyekar di Makam Bung Karno, Blitar, tiba-tiba muncul berita salah satu menteri yang mengatakan berdasarkan big datanya, itu ada cukup banyak yang mendorong perpanjangan jabatan atau tiga periode," kata Hasto selepas menghadiri Deklarasi Yenny Wahid di Jakarta, Jumat (27/10/2023). 

"Sebelumnya saya bertemu dengan menteri tersebut, dan dikonfirmasi bahwa sikap-sikap ketua umum beberapa partai yang menyuarakan itu, saat itu dikatakan ya sebagai permintaan 'Pak Lurah', kami mendengar itu," ungkap Hasto.

(prc/wep)

No more pages