Logo Bloomberg Technoz

Meski pernyataan tersebut tidak merinci negara mana yang menggunakan taktik ini, China adalah negara yang kemungkinan besar menjadi salah satu target dari bahasa in

Dalam beberapa tahun terakhir, China telah menggunakan tarif, kebijakan larangan impor, dan pembatasan terhadap Australia, Lithuania, dan negara-negara lain. Dikutip dari Bloomberg News, China tengah dalam upaya untuk mengubah kebijakan yang tidak disukainya atau untuk mengekspresikan ketidaksenangannya terhadap tindakan yang dilakukan oleh pemerintah asing.

Kelompok G-7mengadakan sesi pendekatan dengan negara-negara non-anggota seperti India, Indonesia, Australia, Chili, dan Kenya - dan juga bertemu dengan perusahaan-perusahaan swasta. Hal yang menggarisbawahi prioritas tinggi yang ditempatkan untuk menjaga rantai pasokan tetap aman.

“G-7 saja tidak dapat menyelesaikan rantai pasokan dan sangat penting untuk bekerja sama dengan negara-negara Global South yang kehadiran dan suaranya semakin meningkat di komunitas internasional,” kata Menteri Perdagangan Jepang Yasutoshi Nishimura pada konferensi pers.

Kemacetan yang disebabkan oleh pandemi dalam rantai pasok cip dan perangkat medis, memperlihatkan risiko ketergantungan yang terlalu besar pada negara-negara tertentu dalam memasok barang-barang dan komoditas utama. 

Ketegangan di Timur Tengah dan tidak berkesudahan Perang di Ukraina serta situasi geopolitik di Asia Pasifik, semakin mendorong pemerintah untuk menggunakan kebijakan hambatan perdagangan, sanksi, dan subsidi untuk memajukan tujuan keamanan dan diplomatik mereka.

Langkah G-7 untuk menjangkau negara-negara non-anggota mencerminkan tekanan yang sering dihadapi negara-negara berkembang untuk berpihak pada kekuatan-kekuatan demokratis atau bersekutu dengan kelompok China dan Rusia. 

Krisis mineral penting

Dalam beberapa tahun terakhir ada banyak sekali kesepakatan mengenai rantai pasokan dan mineral-mineral penting, termasuk kesepahaman yang ditandatangani antara Jepang dan Inggris pada pertemuan ini.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan bahwa beberapa inisiatif tersebut dapat tumpang tindih atau bersaing satu sama lain, Nishimura menekankan manfaat dari berbagai langkah yang saling bersinggungan untuk memperkuat rantai pasokan.

“Kuncinya adalah tidak bergantung pada tempat-tempat tertentu,” katanya. 

Ketujuh negara berjanji untuk menyamakan tingkat persaingan. Tujuan yang bermuara pada pencegahan proteksionisme dan tindakan-tindakan yang mendistorsi pasar. 

Pernyataan tersebut menggambarkan bahwa negara-negara tersebut “keprihatinan langkah-langkah pengendalian ekspor pada mineral-mineral penting,” yang kemungkinan besar merupakan kritik paling tajam kepada China. Negara ini diketahui memberlakuan pembatasan ekspor terhadap galium, germanium, dan grafit, tiga elemen yang digunakan dalam pembuatan produk berteknologi tinggi seperti semikonduktor dan baterai untuk kendaraan listrik. 

Upaya G-7 untuk mendekati negara-negara non-anggota, juga dihadiri oleh produsen mobil Jepang Suzuki Motor Corp, produsen pupuk Kanada Canpotex, Siemens Energy AG dari Jerman, perusahaan pentambangan asal London, Inggris, Rio Tinto, dan produsen laser semikonduktor AS Coherent Corp, demikian menurut kementerian perdagangan Jepang.

G-7 juga menyerukan untuk segera mengakhiri segala tindakan yang tidak perlu membatasi perdagangan. Secara spesifik  termasuk yang dilakukan terhadap aliran produk makanan Jepang, sebuah referensi yang jelas terhadap larangan Cina dan Rusia terhadap impor makanan laut Jepang pasca pelepasan air limbah dari pembangkit listrik tenaga nuklir yang rusak di Fukushima. 

Terlepas dari himbauan persatuan dan janji-janji aksi bersama dari negara-negara anggota, terdapat indikasi betapa sulitnya mencapai konsensus, bahkan di antara negara-negara maju sekalipun. Hal yang terungkap di sela-sela konferensi.

(bbn)

No more pages