Logo Bloomberg Technoz

Negara Maju G-7 Bahas Isu Pembatasan Perdagangan, Singgung China?

News
29 October 2023 18:30

Ilustrasi perdagangan. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi perdagangan. (Dok: Bloomberg)

Yoshiaki Nohara dan James Mayger—Bloomberg News

Bloomberg, Para menteri perdagangan dari negara-negara ekonomi maju yang tergabung dalam G-7 mengkritik beberapa negara karena mengeksploitasi kerentanan komersial negara lain untuk mencapai tujuan kebijakan, tanpa menyebutkan siapa pelakunya.

Para menteri perdagangan ini berjanji untuk membangun jaringan yang lebih luas dengan negara-negara berkembang. Hal yang bertujuan memastikan rantai pasokan yang tangguh untuk barang-barang penting termasuk mineral, semikonduktor, dan baterai, menurut pernyataan bersama kelompok tersebut, Minggu, usai pertemuan dua hari di Osaka, Jepang. 

“Kami menyesalkan tindakan-tindakan untuk mempersenjatai ketergantungan ekonomi dan berkomitmen untuk membangun hubungan ekonomi dan perdagangan yang bebas, adil, dan saling menguntungkan, serta mempercepat kolaborasi ini dengan komunitas internasional yang lebih luas,” kata G-7 dalam pernyataan bersama.

Pernyataan tersebut juga mengungkapkan keprihatinan atas pemaksaan dan ancaman ekonomi, yang dikatakan semakin sering terjadi dan mengganggu tindakan pemerintah yang “sah”.