Logo Bloomberg Technoz

Cara Menteri Perhubungan Buat Bandara Kertajati Makin Ramai

Dovana Hasiana
29 October 2023 20:00

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka. (Tangkapan Layar Via Instagram @infobijb)
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka. (Tangkapan Layar Via Instagram @infobijb)

Bloomberg Technoz, Majalengka — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menggunakan aspek perjalanan ibadah (haji/umroh) dan pariwisata untuk meningkatkan jumlah penumpang yang berangkat dan tiba di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka.  

Pada aspek perjalanan ibadah (haji/umroh), Budi telah meminta dan mewajibkan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Hilman Latief membuka rute pelayanan umroh/haji melalui Bandara Kertajati.

“Untuk itu, kita harapkan umroh dan haji itu akan berangkat dan datang ke sini. Jawa Barat adalah satu populasi yang banyak umroh dan haji,” ujar Budi saat ditemui di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (29/10/2023).

Pada kesempatan yang sama, Hilman mengatakan telah bertemu dengan berbagai pihak, termasuk para penyedia jasa layanan travel dan meminta mereka meramaikan Bandara Kertajati. Salah satu kiatnya adalah mengarahkan rute-rute pariwisata melalui bandara dengan kode KJT tersebut. 

Sementara pada aspek pariwisata, Budi meminta semua pihak bekerjasama, mulai dari Gubernur Provinsi Jawa Barat, Dinas Pariwisata, industri perhotelan dan penyedia layanan travel untuk mendukung kegiatan yang ada di Bandara Kertajati.