Logo Bloomberg Technoz

Hindari Dampak Resesi, Industri Perikanan Andalkan Pasar Domestik

Rezha Hadyan
21 February 2023 15:01

Pedagang menjual ikan di bawah lampu baterai. (Betsy Joles/Bloomberg)
Pedagang menjual ikan di bawah lampu baterai. (Betsy Joles/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyiapkan sejumlah strategi untuk memastikan sektor perikanan aman dari ancaman resesi global, termasuk mengoptimalkan pasar perikanan domestik dan menjalin kerja sama dengan negara yang berpeluang mengimpor produk perikanan Indonesia. 

Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik Doni Ismanto menyebut strategi penguatan pasar di dalam maupun luar negeri sangat diperlukan untuk menjaga sektor perikanan tetap menggeliat, bahkan terus tumbuh meski situasi global tengah sulit akibat berbagai faktor.

"Tahun ini memang penuh tantangan dan ketidakpastian, untuk itu kami di KKP sesuai arahan Pak Menteri, menyiapkan strategi-strategi khusus untuk memastikan sektor perikanan tetap aman, bahkan bisa tumbuh," ungkap Doni Ismanto dalam diskusi bertajuk Peta Sektor Kelautan dan Perikanan di Tengah Ancaman Resesi yang digelar di Kantor Kementerian KKP, Jakarta, Selasa (21/02/2023).

Kalau kita melihat peluang, ketika resesi mungkin terjadi di beberapa negara utama, maka kita harus melirik pasar dalam negeri.

Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP Kementerian KKP Erwin Dwiyana

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Erwin Dwiyana menambahkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penyerapan produk perikanan di pasar domestik menunjukkan peningkatan dalam dua tahun terakhir. 

Pada 2021, penyerapan produk perikanan tercatat sebanyak 12,66 juta ton. Adapun, pada 2022 angka tersebut tumbuh menjadi 13,11 juta ton.