Logo Bloomberg Technoz

Walau Karut-Marut Masalah, KPK Kata Cak Imin Jangan Dibubarkan

Pramesti Regita Cindy
29 October 2023 07:47

Bacawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tiba untuk pemeriksaan kesehatan di RSPAD, Sabtu (21/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Bacawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tiba untuk pemeriksaan kesehatan di RSPAD, Sabtu (21/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bakal calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menilai bahwa KPK masih diperlukan oleh negara ini. Sekalipun tak bisa ditampik soal adanya karut-marut di dalam internal lembaga tersebut termasuk para komisionernya yang berkali-kali diterpa dugaan pelanggaran etik.

"Masih perlu (ada KPK) sangat perlu. Lembaga KPK itu sangat dibutuhkan, tho kalau ada isu penyalahgunaan, penyelewengan saya kira Dewan Pengawas (KPK) tidak boleh membiarkan," kata Muhaimin Iskandar dalam wawancara dengan Bloomberg Technoz belum lama ini.

Diketahui yang terbaru, Ketua KPK Firli Bahuri tersangkut dugaan pemerasan terkait penyidikan kasus korupsi di Kementan yang sudah menjadikan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka. Firli bahkan sudah diperiksa polisi dan dua rumahnya digeledah yakni di Bekasi dan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Rumah Ketua KPK Firli Bahuri dikunci usai penggeledahan di Jalan Kertanegara, Kamis (26/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Hal ini juga tengah diusut oleh Dewas KPK. Terkait dugaan pemerasan itu, sejumlah komisioner KPK juga sudah diperiksa oleh Dewas.

Dugaan pemerasan ini menambah daftar panjang kontroversi Firli dan hal-hal yang ditudingkan kepadanya termasuk disebut tak sungkan bertemu dengan pihak yang berperkara padahal hal itu terlarang bagi pimpinan dan penyidik KPK.