Logo Bloomberg Technoz

Pertamax dkk Diisukan Naik 1 November, Ini Harga BBM Semua SPBU

Sultan Ibnu Affan
28 October 2023 09:30

Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Suasana pengisian BBM di SPBU Pertamina, Jakarta, Rabu (1/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Hingga kini, isu kenaikan harga bahan bahan minyak (BBM) nonsubsidi di Indonesia masih mengintai, setelah selama 2 bulan terakhir tercatat mengalami kenaikan beruntun.

Harga BBM nonsubsidi pun saat ini masih berpotensi kembali mengalami kenaikan pada 1 November 2023, meski saat ini harga minyak dunia sudah mulai melandai di bawah US$90/barel.

Untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah pun mengklaim telah memiliki batasan penjualan harga BBM, nonsubdisi yang boleh dijual oleh operator stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), baik PT Pertamina (Persero) maupun swasta.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan, jika nantinya operator SPBU kembali menaikkan harga BBM nonsubsidinya, pemerintah akan tetap melakukan evaluasi terlebih dahulu.

“Ada kan [batasan harga BBM nonsubsidi]. Nanti disampaikan pemerintah, meskipun bukan disetujui ya. Ada batasan dari pemerintah, yang artinya [harga BBM nonsubsidi] tidak boleh lebih dari batasan tersebut,” ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian ESDM, Jumat (27/10/2023).