Logo Bloomberg Technoz

Paylater Akulaku Ditutup OJK, Ini Kata Bank Neo Commerce

Donald Banjarnahor
27 October 2023 12:15

Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama Bank Neo Commerce, Aditya Windarwo (Dok. Bank Neo Commerce)
Pejabat Sementara (Pjs) Direktur Utama Bank Neo Commerce, Aditya Windarwo (Dok. Bank Neo Commerce)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Digital PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) angkat suara mengenai ditutupnya produk buy now paylater (BNPL) dari Akulaku Finance Indonesia yang terafiliasi dengan perseroan.

Bank Neo Commerce (BNC) mempercayai bahwa penutupan produk paylater Akulaku tidak akan berdampak dalam operasional perseroan. BNC juga percaya kejadian tersebut tidak akan mempengaruhi pada rencana pelaksanaan Penawaran Umum Terbatas Penambahan Modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) VII BBYB.

"Tidak ada informasi/kejadian penting lainnya yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan serta dapat mempengaruhi harga saham perusahaan," diterangkan Agnes Fibri Dewi, Corporate Secretary Bank Neo Commerce, dilansir Jumat (27/10/2023).

Sebelumnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melarang PT Akulaku Finance Indonesia menyalurkan pembiayaan dengan skema paylater. OJK memandang  perusahaan Akulaku tidak melakukan tindak pengawasan seperti yang diminta oleh regulator sistem keuangan itu.

Pembatasan kegiatan bisnis ini diumumkan OJK melalui surat SR-1/PL.1/2023 tanggal 5 Oktober 2023 yang ditanda tangani oleh Deputi Komisioner Pengawas Lembaga Pembiayaan, PMV, LKM dan LJK lainnya Bambang W. Budiawan.