Logo Bloomberg Technoz

Dolar Bikin Babak Belur, Batas Atas Tiket Pesawat Didesak Revisi

Dovana Hasiana
27 October 2023 11:30

Bandara Internasional Soekarno Hatta ( Dok angkasapura2.co.id )
Bandara Internasional Soekarno Hatta ( Dok angkasapura2.co.id )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (Apjapi) Alvin Lie mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meninjau tarif batas atas (TBA) tiket pesawat. Kondisi dolar yang terus menguat membuat maskapai kelimpungan.

Apalagi, kata dia, asumsi yang berlaku dalam TBA dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 2019 sudah tidak lagi relevan. Rupiah saat ini mendekati Rp16.000/US$. 

Pelemahan Rupiah, kata Alvin, menjadi beban tambahan karena maskapai penerbangan di Indonesia mengandalkan penjualan tiket rute domestik yang dijual dengan Rupiah. Sehingga, kata dia, keuntungan yang didapatkan tentu hanya dalam Rupiah. 

Selain itu, sambungnya, 66% unsur dalam biaya operasi berhubungan dengan dolar. Di antaranya avtur sekitar 36%, pemeliharaan 16% dan sewa pesawat atau penyusutan 14%.

“Pemeliharaan tidak lepas dari suku cadang, harganya dalam dolar atau euro, penyusutan atau sewa pesawat berhubungan dengan valuta asing (valas) dan avtur juga mengikuti fluktuasi,” ujar Alvin dalam membuka Seminar Hari Penerbangan Nasional, Jumat (27/10/2023).