Logo Bloomberg Technoz

210 Juta Warga RI Gunakan Internet, Terbesar Ke-4 di Dunia

Krizia Putri Kinanti
21 February 2023 11:19

Kabid Kamsiber APJII, Arry Abdi Syalman.(Tangkapan layar via Youtube @badansiberdansandinegara_ri)
Kabid Kamsiber APJII, Arry Abdi Syalman.(Tangkapan layar via Youtube @badansiberdansandinegara_ri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJIII) pada 2022 terdapat peningkatan pengguna Internet di Indonesia.

Kabid Kamsiber Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Arry Abdi Syalman mengatakan bahwa lanskap pengguna internet di Indonesia terbesar keempat di dunia dengan lebih dari 210 juta orang menggunakan internet per Januari 2022.

"Variasi penggunaan internet yang signifikan di berbagai daerah di Indonesia dengan penetrasi internet tertinggi di daerah perkotaan dan pulau Jawa dan Bali. Sekitar 98% pengguna internet mengakses seluler melalui perangkat seluler mereka," ujarnya pada Webinar Landskap Keamanan Siber Tahun 2022 bertajuk "Cyber Security: An Urgent Call for The Heroes", Selasa (21/02/2023).

Dia menyebut Indonesia memiliki pasar e-commerce yang berkembang pesar dengan perkiraan 92 juta pembeli online karena semakin banyak orang Indonesia yang online dan program UMKM onboarding digital.

Tentunya keamanan siber merupakan isu penting bagi lanskap internet di Indonesia, karena populasi pengguna internet yang besar dan terus bertambah, meningkatnya ketergantungan pada perangkat seluler, penetrasi internet bervariasi tergantung pada wilayah dan e-commerce yang terlalu berkembang pesat.

Adapun, langkah yang dapat dilakukan dari sudut pandang APJIII untuk menjadikan Indonesia dengan pertahanan siber yang kuat adalah dengan mengembangkan strategi keamanan siber yang komprehensif, berinvestasi dengan infrastruktur keamanan siber, melibatkan sektor swasta, mempromsikan kesadaran keamanan siber serta membina kerjasama internasional dan mengembangkan kerangka hukum.