Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan Migas Eni Teken Kontrak Jual Beli LNG di Merakes

Sultan Ibnu Affan
26 October 2023 21:20

Ilustrasi pekerja LNG (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pekerja LNG (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan migas asal Italia, Eni, resmi menandatangani perjanjian jual beli liquefied natural gas (LNG) sebanyak 0,8 miliar meter kubik (bcm) yang berasal dari lapangan migas Merakes, Kalimantan Timur.

Perjanjian jual beli  ditujukan untuk mengamankan pasokan kebutuhan perusahaan selama 3 tahun ke depan, terhitung sejak Januari 2024 mendatang. Ikutan jual beli juga sebagai penambah pasokan sebelumnya di LNG Jangkrik sebanyak 1,4 miliar bcm sejak 2017 lalu.

"Berkat volume baru ini, Eni dapat memastikan fleksibilitas yang lebih besar dan diversifikasi lebih lanjut dari pasokan LNG-nya, sekaligus memperkuat kehadirannya di pasar yang sedang berkembang seperti Asia Selatan dan Timur Jauh," ujar Eni dalam keterangan resmi, Kamis (26/10/2023).

Perjanjian bersamaan dengan kontrak jangka panjang yang baru-baru ini ditandatangani dengan Marine XII JV di Kongo untuk volume LNG sekitar 4,5 bcm, dan kontrak dengan QatarEnergy LNG NFE (5) untuk hingga 1,5 bcm LNG dari proyek North Field East di Qatar. Hal yang diharapkan dapat membantu portofolio LNG perusahaan.

"Pendekatan terpadu Eni - yang dibangun di atas pengembangan hulu hingga pemasaran LNG - sejalan dengan strategi transisi energi perusahaan, yang bertujuan untuk secara progresif meningkatkan pangsa gas dalam produksi hulu secara keseluruhan menjadi 60% pada tahun 2030, sekaligus meningkatkan kontribusi LNG ekuitas," tulis manajemen perusahaan.