Logo Bloomberg Technoz

Spekulan Anggap Kenaikan Bitcoin Bisa Capai US$40.000

News
26 October 2023 17:50

Bitcoin. (Dok: Bloomberg)
Bitcoin. (Dok: Bloomberg)

Akshay Chinchalkar dan Suvashree Ghosh—Bloomberg News

Bloomberg, Harga Bitcoin lompat efek desas-desus di pasar aset digital bahwa sebentar lagi Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS akan keluar persetujuan investasi exchange-traded-funds (ETF) Bitcoin Spot. Hal yang perlu dipertanyakan secara mendasar apakah benar persetujuan ini terjadi hingga akan memicu profit-taking dari investor.

Bitcoin, aset digital dengan nilai terbesar telah naik 16% minggu ini dan sempat menyentuh level US$35.000, terjadi untuk pertama kalinya sejak 2022. Pada tempat terpisah pasar saham global justru lesu di tengah kenaikan yield Treasury Amerika Serikat (AS), dan suramnya situasi geopolitik.

Investor aset digital menilai bahwa ETF spot yang direncanakan oleh beberapa perusahaan seperti BlackRock Inc. dapat memicu adopsi Bitcoin secara lebih luas. Tinggal menunggu restu dari SEC—yang sebelumnya berulang kali menyatakan kerisauannya atas aset digital. Industri ini tahun lalu mengalami krisis yang disebabkan kebangkrutan bursa FTX.

“Pasar telah berhitung bahwa persetujuan ETF Bitcoin Spot dan saya memperkirakan terjadi 'sell-the news',” kata Hayden Hughes, co-founder platform Alpha Impact.