Logo Bloomberg Technoz

Jokowi dan Misi Keluar dari Jebakan Kelas Menengah

Elisa Valenta
21 February 2023 10:36

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berakhir pada 2024 mendatang. Sejumlah agenda prioritas pun disusun untuk diselesaikan sebelum ia lengser dari jabatannya.

Dalam sejumlah kesempatan Jokowi kerap mengutarakan ambisinya untuk membawa Indonesia keluar dari status negara berpendapatan menengah atau middle income trap. Jokowi beralasan Indonesia memiliki potensi sumber daya alam yang besar, sudah seharusnya mampu memanfaatkannya untuk mendorong industri manufaktur yang dalam beberapa tahun terakhir kinerjanya semakin menurun.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menekankan bahwa pertumbuhan konsumsi dan investasi menjadi kunci untuk membawa Indonesia lepas dari bayangan resesi yang tengah menyelimuti ekonomi global.

Tantangan Indonesia untuk naik kelas menjadi negara maju pun semakin besar. Pandemi, gejolak geopolitik Rusia dan Ukraina dan kenaikan inflasi serta suku bunga acuan membuat roda laju pertumbuhan ekonomi Indonesia terasa berat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan kondisi tersebut menimbulkan berbagai macam tantangan dan kemungkinan yang harus diantisipasi.