Logo Bloomberg Technoz

Cek Pasar, Jokowi Akui Harga Cabai Tembus Rp70 Ribu

Fransisco Rosarians Enga Geken
26 October 2023 15:30

Pedagang mengambil cabai rawit hijau yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Pedagang mengambil cabai rawit hijau yang dijual di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim harga sejumlah komoditas pangan sudah mulai stabil dan perlahan menuju titik normal. Akan tetapi, dia mengakui adanya kenaikan harga yang sangat tinggi pada komoditas cabai.

Hal ini diungkapkan usai dirinya melakukan kunjungan kerja ke Pasar Sekip Ujung, Palembang, Sumatera Selatan. 

"Hanya satu barang yang tadi saya lihat, cabai yang melompat dari Rp40 (ribu) ke Rp70 (ribu)," kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Kamis (26/10/2023).

Dia mengklaim, pemerintah dan pemerintah daerah akan mencari solusi untuk menekan harga komoditas pangan agar tak berdampak besar pada tingkat inflasi daerah dan nasional. Hingga saat ini, kata dia, Kota Palembang sendiri sudah memiliki angka inflasi yang terkendali dengan kisaran 2,28% (di bawah 3%).

Pedagang memilih cabai rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Kamis (16/3/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

"Ini yang perlu dicarikan solusi, tetapi secara umum harga baik," ujar jokowi.