Logo Bloomberg Technoz

Menurut Chief Executive Officer Ynon Kreiz dalam sebuah wawancara, meskipun mendapatkan keuntungan kuartalan, Mattel tetap mengharapkan penjualan tahun penuh akan sejajar dengan US$5,44 miliar (Rp86 T) yang tercatat pada tahun 2022. Ini mencerminkan kondisi industri yang lebih sulit setelah pengeluaran yang didorong pandemi melambat dan ekonomi global yang lebih lemah.

"Industri mainan sangat baik untuk pertumbuhan di masa depan, dan kami percaya bahwa para pengecer sudah siap untuk musim liburan," ujar Kreiz.

Saham Mattel turun hingga 10% menjadi US$18,11 dalam perdagangan sesudah jam kerja setelah hasil diumumkan. Saham tersebut naik sebesar 13% tahun ini hingga penutupan hari Rabu di New York.

Mattel meningkatkan perkiraan laba tahun 2023 sebesar 5 sen per saham, dan sekarang mengharapkan sebesar $1,15 hingga $1,25 per saham, sebagian berkat inisiatif penghematan biaya. Analis memproyeksikan pendapatan tahun penuh sebesar $1,20 per saham dan pendapatan sebesar $5,49 miliar, rata-rata perkiraan yang dikompilasi oleh Bloomberg.

Film Barbie, disutradarai oleh Greta Gerwig dan dibintangi oleh Margot Robbie, adalah film dengan pendapatan tertinggi tahun 2023 dan telah menjadi peragaan publik besar untuk mainan unggulan Mattel.

Kreiz mengatakan, boneka Margot Robbie Barbie terjual dengan baik, dan manajemen mengharapkan boneka tersebut akan menjadi "mainan populer" di daftar belanja Natal. Hot Wheels siap untuk tahun keenam penjualan rekor dan sebenarnya tumbuh lebih cepat daripada Barbie dalam kuartal terakhir.

Sejak dirilis pada bulan Juli, film Barbie telah menghasilkan lebih dari US$1,4 miliar (Rp22 T) dalam penjualan tiket global dan merupakan film dengan pendapatan tertinggi yang pernah dibuat oleh Warner Bros.

Sebagai mitra produksi dalam film ini, Mattel menerima sebagian dari penjualan tiket dan pendapatan streaming. Chief Financial Officer Anthony DiSilvestro mengatakan dalam konferensi investor Goldman Sachs bulan lalu bahwa ia mengharapkan film ini akan menghasilkan sekitar US$125 juta (Rp1,9 T) dalam penjualan untuk Mattel tahun ini.

Kreiz mengatakan sebelumnya tahun ini bahwa Mattel akan mendapatkan manfaat yang lebih besar dari kesuksesan film ini di paruh kedua tahun ini, dengan popularitasnya meningkatkan permintaan untuk boneka dan produk bermerk Barbie lainnya.

Pihak Mattel juga mengatakan secara keseluruhan, penjualan boneka Mattel melonjak 24% dalam mata uang yang stabil selama kuartal ketiga, ketika para pengecer mulai memesan barang untuk musim liburan. Penjualan Barbie naik sebesar 16%, dan hasil dalam bisnis boneka juga didorong oleh lini Disney dan Monster High.

Barbie merupakan film pertama Mattel yang dirilis dalam kerangka strategi yang dibuat oleh Kreiz setelah ia menjadi CEO pada tahun 2018. Dia berupaya untuk menghadirkan lebih banyak merek perusahaan ke layar sebagai film atau acara TV, dan sedang mengembangkan film berdasarkan Hot Wheels, Polly Pocket, dan dua belas lainnya.

(bbn)

No more pages