Logo Bloomberg Technoz

KPU Umumkan Hasil Tes Kesehatan 3 Capres-Cawapres Besok

Pramesti Regita Cindy
26 October 2023 08:50

Ketua KPU Hasyim Asy'ari bersama tim dokter pemeriksa kesehatan Bacapres dan Bacawapres di RSPAD. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Ketua KPU Hasyim Asy'ari bersama tim dokter pemeriksa kesehatan Bacapres dan Bacawapres di RSPAD. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menyebut hasil rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh ketiga calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) akan diumumkan besok.

"Rangkaian pemeriksaan yang telah dilakukan terhadap 3 bakal paslon rencananya Jumat besok, tanggal 27 Oktober 2023 sekitar jam 14:00 WIB siang, akan disampaikan oleh tim pemeriksa kesehatan RSPAD Gatot Subroto kepada KPU yang akan dilakukan di kantor KPU," kata Hasyim dalam konferensi pers nya di Gedung RSPAD Gatot Subroto, Kamis pagi (26/10/2023). 

Adapun, tiga pasangan calon (paslon) yang telah resmi mendaftarkan diri ke KPU antara lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Agenda pemeriksaan kesehatan ini merupakan rangkaian dari syarat wajib bagi pasangan calon untuk menentukan apakah mereka layak atau tidak untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden selama satu periode mendatang.

Untuk itu, Kepala RSPAD Gatot Subroto Albertus Budi Sulistya menyatakan bahwa sama seperti kedua pasangan calon sebelumnya Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga akan diperlakukan sama dalam pemeriksaan kesehatan yang mereka lakukan hari ini.