Logo Bloomberg Technoz

Adapun hal ini seiring dengan pesan Jokowi pada saat kepada pelantikan untuk meningkatkan produksi pertanian. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Amran Sulaiman menjadi Menteri Pertanian (Mentan) baru di kabinetnya menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mundur karena terjerat kasus korupsi.

Pelantikan Andi Amran Sulaiman dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Amran mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Presiden Jokowi. Acara pelantikan dihadiri oleh para pejabat negara setingkat menteri dan kepala lembaga.

Merespons pelantikan tersebut, Direktur Eksekutif CELIOS, Bhima Yudhistira mengatakan, pelantikan kembali Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat disayangkan. 

Selama Amran menjabat sebagai Menteri Pertanian periode pada 2014-2019, kata dia, terdapat banyak permasalahan yang sulit dilupakan. Misalnya pada tahun 2018, impor beras tercatat 2,2 juta ton dari tahun sebelumnya 305 ribu ton. Kenaikan impor beras yang cukup tajam menjelang Pemilu 2019 menimbulkan pertanyaan terkait program kemandirian pangan pemerintah. Erat kaitannya juga dengan rente di sektor pangan. 

“Bahkan saat itu Kementerian Pertanian selalu berkilah adanya impor beras untuk kebutuhan beras premium. Kondisi tersebut sangat disayangkan, karena dikhawatirkan posisi Menteri Pertanian yang baru akan mengulangi masalah yang sama,” ujar Bhima dalam siaran pers, Rabu (25/10/2023). 

(dov/ain)

No more pages