Logo Bloomberg Technoz

Bahlil, Menteri Jokowi Lain yang Masuk TPN Prabowo-Gibran

Pramesti Regita Cindy
25 October 2023 17:10

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat konferensi pers di Istana Negara. (Dok. Sekretariat Kabinet)
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia saat konferensi pers di Istana Negara. (Dok. Sekretariat Kabinet)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) bertabur menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. Selain Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menambah jumlah anak buah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di TPN tersebut.

"Sepengetahuan saya, pak Bahlil ditaruh sebagai Wakil Ketua Tim Pemenangan pak Prabowo dan mas Gibran," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Maman Abdurahman di KPU, Rabu (25/10/2023).

Nama Bahlil memang sempat disebut saat Prabowo membuka pidato di hadapan pendukungnya yang berkumpul di Indonesia Arena, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), tadi Pagi. Sebelum nama Kepala BPKM, Ketua Umum Partai Gerindra tersebut mengumumkan nama Ketua TNP Prabowo-Gibran yaitu Rosan Roeslani.

Selain Rosan dan Bahlil, TPN Prabowo-Gibran kabarnya juga menggandeng Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. Dua nama pertama adalah pengusaha yang menjadi anak buah Jokowi pada Kabinet Indonesia Maju. Sedangkan Trenggono memiliki hubungan dengan Prabowo karena sempat menjadi Wamen Pertahanan sebelum menjadi Menteri KKP yang ditinggalkan politikus Partai Gerindra, Edhy Prabowo.

Prabowo-Gibran sendiri memang capres dan cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM), senada dengan nama kabinet Jokowi-Ma'ruf. Pada koalisi ini terdapat sejumlah menteri dan wakil menteri.