Logo Bloomberg Technoz

Usung Prabowo-Gibran, Menteri dan Wamen Jokowi Klaim Ajukan Cuti

Pramesti Regita Cindy
25 October 2023 12:20

Capres-Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Rakatiba di KPU. Foto: Pramesti/Bloomberg Technoz
Capres-Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Rakatiba di KPU. Foto: Pramesti/Bloomberg Technoz

Bloomberg Technoz, Jakarta - Para menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju mengklaim sudah mengajukan cuti dan mendapat izin untuk ikut dalam pendaftaran Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), hari ini. Beberapa pembantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini memang terdaftar sebagai pendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo-Gibran.

"Cuti dong. Kita kan tertib. Kalau ada hal-hal atau aktivitas yang tentunya sesuai prosedur kita harus cuti dari kabinet," kata Wakil Menteri Perdagangan dan Politikus Partai Golkar, Jerry Sambuaga di KPU, Rabu (25/10/2023).

Prabowo-Gibran sendiri diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang berisi Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, Partai Garda Indonesia, Partai Prima, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Sejumlah kader KIM berada di daftar pejabat Kabinet Jokowi-Maruf.

Beberapa di antaranya seperti Ketum Golkar Airlangga Hartarto yang menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian; dan Ketum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. 

Selain itu, beberapa menteri lainnya juga berasal dari KIM yaitu Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita; Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo; dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dari Partai Golkar.