Logo Bloomberg Technoz

Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto Jadi KSAD

Fransisco Rosarians Enga Geken
25 October 2023 09:30

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto. (Dok. Dispenad)
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto. (Dok. Dispenad)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik kepala staf Angkatan Darat (KSAD) baru yakni Letnan Jenderal Agus Subiyanto di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (25/10/2023). Wakil KSAD ini menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa pensiun 19 November mendatang atau usia 58 tahun. 

"Berkenan dengan pelantikan pada jabatan kepala staf angkatan darat harap dijawab pertanyaan saya, saudara letnan jenderal TNI agus subiyanto SE Msi apakah bersedia saya ambil sumpah menurut agama Islam," kata Jokowi sebelum pelantikan KSAD, Rabu (25/10/2023).

Agus Subiyanto adalah lulusan Akademi Militer (akmil) 1991 yang berasal dari kecabangan infanteri atau Kopassus. Dia pernah menjabat Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada periode 2020-2021. 

Sebelum menjadi Wakil KSAD, Agus juga pernah menjadi Panglima DAM III/Siliwangi pada 2021-2022). Dia kemudian diangkat menjadi wakil Jenderal Dudung sejak 4 Februari 2022.

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan pergantian KSAD ini adalah regenerasi yang diharapkan akan membuat TNI AD lebih baik.