Logo Bloomberg Technoz

Teten Temui CEO TikTok Pekan Depan, Klaim Mandat Jokowi

Dovana Hasiana
24 October 2023 15:50

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Dok: Kementerian Koperasi dan UKM)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Dok: Kementerian Koperasi dan UKM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan akan bertemu dengan CEO TikTok pada pekan depan sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Teten mengatakan sebelumnya TikTok sudah menyurati Presiden Jokowi untuk membicarakan tentang keberlanjutan bisnis TikTok di Indonesia. Namun, Jokowi mengatakan TikTok harus terlebih dahulu menghadap Menkop UKM tersebut. 

“Saya juga diminta Pak Presiden temui CEO TikTok karena mau bisnis lagi di Indonesia, oke. Tapi kata Pak Presiden ngobrol dulu sama Menkop UKM. Artinya kan mereka tetap mau untuk bisnis di Indonesia,” ujar Menkop UKM Teten dalam kegiatan GDP Venture Power Lunch, di Jakarta, Selasa (24/10/2023). 

Pertemuan tersebut, kata dia, akan membahas tentang keberlanjutan dari bisnis TikTok di Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan platform dagang-el (e-commerce). Teten memastikan TikTok akan kembali menghadirkan layanan transaksi, sebab keuntungan yang besar. Bahkan, TikTok disebut bisa meraup keuntungan hingga Rp8-Rp9 triliun per bulan. 

Teten belum mengetahui apakah TikTok akan membuka platform dagang-el baru atau memilih untuk berinvestasi di platform dagang-el lokal. Teten juga mengaku belum mendengar riset yang mengatakan TikTok akan berinvestasi dengan platform dagang-el lokal seperti Tokopedia.