Logo Bloomberg Technoz

Hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) terbaru yang melibatkan 1.229 responden yang telah memiliki hak pilih, menunjukkan publik merasa putusan MK ini tidak adil. Sebanyak 57,6% responden yang tahu bahwa Ketua MK, Anwar Usman, adalah adik ipar Jokowi setuju bahwa putusan MK sangat tidak adil dan menguntungkan kepentingan keluarga Presiden Joko Widodo.

Tangkapan layar alamat baru Mahkamah Konstitusi diubah menjadi Mahkamah Keluarga. (Dok: Tangkapan Layar)

Sebanyak 28% tidak setuju, dan 14,4% tidak tahu atau tidak menjawab. Meski  sebanyak 49% responden kurang percaya bahwa Presiden Joko Widodo turut campur dalam keputusan MK tersebut, sementara yang percaya ada 29.2%. 

Diketahui gugatan uji materi diajukan seorang mahasiswa bernama Almas Tsaqibbirru Re A, yang kemudian dikabulkan. Artinya apa yang mengadang Gibran menjadi bakal cawapres hilang.

Baca Juga: Kronologi Awal Hingga Akhirnya Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Berbagai ketua partai politik yang tergabung dalam KIM pun turut mendukung pencalonan Gibran dan kemudian dipasangkan dengan Prabowo Subianto. Salah satu yang menyatakan nama Gibran secara formil adalah Partai Golkar.

“Bismillah dengan ini Golkar mengusung Mas Gibran untuk mendampingi bapak Prabowo Subianto di Pilpres 2024," ujar Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Sabtu (21/10/2023).

Namun hingga kini Gibran belum memberi keterangan ataupun kepastian apakah akan menjadi bakal cawapres Prabowo. Gibran hingga kini merupakan kader PDI Perjuangan, partai yang tidak satu koalisi dengan KIM.

PDI Perjuangan sebelumnya telah memerintahkan para kader muda, termasuk Gibran sebagai  juru bicara kampany nasional (jurkamnas) kampanye pasangan Ganjar-Mahfud MD yang mereka usung, sebagaimana disampaikan Sekjen PDI P Hasto Kristiyanto.

“Seluruh kepala daerah PDIP yang muda ditugaskan sebagai jurkamnas," kata Hasto sebagaimana keterangan resminya pada Jumat (20/10/2023).

(wep/roy)

No more pages