Logo Bloomberg Technoz

China Audit Pajak dan Selidiki Penggunaan Lahan Foxconn

News
23 October 2023 10:30

Foxconn (Lam Yik Fei/Bloomberg)
Foxconn (Lam Yik Fei/Bloomberg)

Wei Zhou - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan perakit utama iPhone, Hon Hai Precision Industry Co., mengatakan mereka akan bekerja sama dengan pihak berwenang China dalam penyelidikan yang belum diungkapkan secara rinci. Laporan sebelumnya menyebutkan bahwa pejabat China sedang melakukan audit pajak dan meninjau penggunaan lahan oleh induk perusahaan mereka, Foxconn Technology Group Co.

Menurut Global Times, yang dikelola oleh pemerintah China, otoritas pajak sedang melakukan pemeriksaan terhadap anak perusahaan Foxconn di provinsi Guangdong dan Jiangsu. Laporan tersebut juga menyebut bahwa pejabat sumber daya alam sedang meneliti penggunaan lahan oleh perusahaan di provinsi Henan dan Hubei.

Laporan Global Times tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang penyelidikan dan pemeriksaan pajak tersebut. Hon Hai juga tidak memberikan rincian secara spesifik dalam pengumuman mereka kepada bursa saham Taiwan. Pabrik Foxconn di Zhengzhou yang dikenal sebagai "iPhone City," terletak di provinsi Henan.

Terry Gou, miliarder pendiri Foxconn mengundurkan diri dari dewan direksi perusahaan bulan lalu saat dia mencalonkan diri sebagai presiden Taiwan. Kampanye tersebut merujuk pertanyaan kepada Foxconn.