Logo Bloomberg Technoz

Sikap BEI Usai Heboh Para Pendiri GOTO akan Jual Saham

Mis Fransiska Dewi
23 October 2023 08:50

Ilustrasi Founder GOTO (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Founder GOTO (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna menanggapi rencana penjualan saham oleh pendiri GOTO tersebut. Dia mengatakan, pemegang saham memang dapat melepas kepemilikannya setelah periode tertentu. Dia juga menjelaskan soal jenis saham kepemilikan di GOTO.

Diketahui tiga pendiri PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sekaligus pemegang saham GOTO  Andre Soelistyo, William Tanuwijaya dan Kevin Aluwi berencana menjual saham GOTO. 

Nyoman mengatakan, pada struktur pemegang saham GOTO, terdapat dua seri saham yang diterbitkan oleh Perseroan yaitu saham seri A atau saham biasa dan saham seri B yakni saham dengan hak suara multiple. Adapun pemegang saham pengendali emiten adalah Andre Soelistyo, Kevin Bryan Aluwi, William Tanuwijaya dan Melissa Siska Juminto yang seluruhnya merupakan pemegang saham seri B.

Merujuk pada POJK 22 Tahun 2021 pada pasal 6 angka (1), setiap pemegang saham seri B (MVS/SHSM) dilarang untuk mengalihkan sebagian atau seluruh kepemilikan atas saham seri B yang dimilikinya selama dua tahun sejak tanggal efektif atau 30 Maret 2024.

Sesuai dengan pasal 6 ayat 2 POJK Nomor 22/2021, kata Nyoman, setiap pemegang saham seri A sebelum penawaran umum perdana saham juga dilarang untuk mengalihkan sebagian atau seluruh kepemilikan atas saham seri A yang dimilikinya sampai dengan delapan bulan sejak tanggal efektif atau 11 Desember 2022.