Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah dan BI Siapkan Aturan Bunga Kredit Mikro 0%

20 February 2023 14:24

Ilustrasi usaha mikro (14/2/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Ilustrasi usaha mikro (14/2/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah dan Bank Indonesia tengah merumuskan skema yang memungkinkan pelaku usaha mikro mendapatkan bunga kredit 0%. 

Saat ini, pemerintah telah memiliki program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga paling kecil sebesar 3% yang terbatas pada pelaku usaha ultra mikro. Usulan agar para pelaku UMKM tak perlu membayarkan bunga ini disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. 

Ia mengatakan, telah menyampaikan usulan insentif kredit mikro ini kepada Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Nantinya pendanaan ini akan difokuskan untuk sektor pangan dan perluasan pendanaan untuk program Mekaar. 

"Saya sudah mengutus dua Wamen (Wakil Menteri BUMN) Pak Pahala dan Pak Tiko untuk membahas ini dengan BI. Kami berharap satu bulan dapat tuntas," ujar Erick dalam keterangan resmi yang diterima Senin (20/2).

Erick ingin pemberian bunga pinjaman 0% untuk pelaku usaha mikro dapat terealisasi sesegera mungkin. Ia mengatakan usulan ini telah mendapat lampu hijau dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas beberapa waktu lalu.