Logo Bloomberg Technoz

Profil Gibran Rakabuming Cawapres Prabowo Subianto

Andrean Kristianto
22 October 2023 20:28

Gibran Rakabuming Raka saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)
Gibran Rakabuming Raka saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar. (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka diumumkan sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024 dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

Berdasarkan situs resmi Sekretariat Daerah Kota Surakarta, Gibran yang merupakan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak kecil menetap di Solo sebelum pindah ke Singapura untuk mengenyam pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga universitas. Dia lulus pada 2007 dari Management Development Institute of Singapore dan melanjutkan studinya ke program Insearch di University of Technology Sydney Insearch, Sydney, Australia hingga lulus pada tahun 2010.

Gibran berkarier sebagai pengusaha sebelum terjun ke dunia politik. Dia merintis bisnisnya dari usaha katering dan weding organizer di Solo, yang diberi nama Chilli Pari. Setelahnya, pria kelahiran 1 Oktober 1987 tersebut juga membuka usaha martabak yang cukup dikenal bernama Markobar.

Kesuksesan Gibran di dunia kuliner membuatnya dipercaya menjabat sebagai ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) di Solo. Setelah itu, bisnisnya semakin melebar, dengan mendirikan Ternakopi dengan adik bungsunya, Kaesang Pangarep, pada 2019, Goola, Siapmas, Mangkokku, hingga Madhang. 

Akan tetapi, muncul kabar yang menyebut beberapa bisnisnya bangkrut yang belum dikonfirmasi langsung oleh Gibran.