Logo Bloomberg Technoz

“Setelah mencermati dengan seksama dan perkembangan, mengedepankan kepentingan lebih besar untuk bangsa dan negara, menjaga stabilitas politik dan berdasarkan hasil pertemuan Ketua DPD, kami rapat cukup lama, cukup hangat tapi semua konsensus, Mengusulkan dan mendukung Gibran Rakabuming Raka kita pasangkan dengan Pak prabowo sebagai calon wakil presiden Republik Indonesia," kata Airlangga.

Setelah menghadiri Rapimnas Golkar, Gibran dikabarkan menemui Ketua DPP PDIP, Puan Maharani untuk meminta izin ikut kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres). “Semalam, sudah ketemu sama mas Gibran, yang dimana Mas Gibran menyampaikan ada kemungkinan untuk mengikuti kontestasi pilpres,” ujar Puan.

Lalu, Presiden Jokowi yang juga ayah dari Gibran mengungkapkan dukungannya terhadap sang anak. "Orang tua hanya tugasnya mendoakan dan merestui keputusan [anak]. Sudah dewasa jadi jangan terlalu mencampuri urusan yang sudah diputuskan oleh anak-anak kita," kata Jokowi saat menghadiri perayaan hari Santri di Surabaya, Minggu (22/10/2023) siang.

Pada sore harinya, Prabowo mengumpulkan seluruh ketua umum partai yang masuk dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di kediamannya, di Jalan Kertanegara, Jakarta Pusat. 

Pantauan Bloomberg Technoz, Minggu (22/10/2023) Pukul 19.21 WIB, beberapa ketua umum dan pejabat partai yang masuk koalisi terlihat hadir. Ada Ketua Umum Partai Gelora, Anis Mata, Ketua Dewan DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco, Ketua Umum Partai Bulan Bintang, Yusril Ihza Mahendra.

Ketua umum PAN Zulkifli Hasan. (Sumber: Bloomberg Technoz/Andre)

Lalu, ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Pan, Zulkifli Hasan dan Waketum PAN, Yandri Susanto juga terlihat masuk ke dalam rumah Prabowo.

Setelah melakukan pertemuan, Prabowo langsung mengumumkan, bahwa dirinya akan maju bersama Gibran sebagai calon presiden dan calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk Pilpres 2024.

"Terkonsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024-2029 dan saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. Saya kira itu pengumuman yang sudah ditunggu-tunggu ini sekaligus adalah deklarasi yang kita sampaikan masyarakat umum. Dan pada tanggal 25 [Oktober], hari Rabu kita akan daftar di KPU," kata Prabowo.

Saat pengumuman tersebut, Gibran Rakabuming Raka terlihat tidak hadir dalam pengumuman tersebut. Bloomberg Technoz juga sudah mencoba menghubungi Gibran namun belum ada tanggapan terkait pencalonan ini.

(spt)

No more pages