Logo Bloomberg Technoz

Cawapres Prabowo Tergantung Kebutuhan Koalisi Prabowo-Jokowi

Mis Fransiska Dewi
22 October 2023 16:30

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat berada di Malang, Jatim (Instagram Jokowi)
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto saat berada di Malang, Jatim (Instagram Jokowi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Beberapa nama yang muncul sebagai bakal calon wakil presiden dari calon presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) yakni Prabowo Subianto memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, siapa sosok yang akan menjadi cawapres Prabowo tergantung koalisi politik Prabowo dengan Presiden Joko Widodo.

“Ini soal kebutuhan politik, kompromi politik antara partai yang tergabung dalam KIM Prabowo dan Jokowi. Kompromi maka ketemulah dengan Gibran. Kalau cocok semua nama-nama yang muncul cocok-cocok saja. Jadi saya lihatnya kompromi di situ,” kata Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin saat dihubungi, Minggu (22/10/2023).

Sederet nama yang muncul sebagai bakal cawapres Prabowo yakni Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa, dan Gibran Rakabuming Raka. Namun hingga hari ini, Prabowo belum memutuskan siapa yang bakal menjadi cawapresnya. 

Erick menjadi salah satu sosok terkuat calon wakil presiden untuk mendampingi Prabowo Subianto yang masuk dalam bursa Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Saat ini Erick merupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus ketua umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Kolase foto: Prabowo Subianto dan Erick Thohir, (Dimas Ardian/Bloomberg)

Jauh sebelum terjun ke dunia politik, Erick diketahui sebagai pemilik Mahaka Grup yang menaungi stasiun radio, stasiun TV, perusahaan digital, hingga event organizer.