Logo Bloomberg Technoz

Cawapres Prabowo Masih Digodok, Gibran Harus Minta Restu KIM

Mis Fransiska Dewi
22 October 2023 15:30

Koalisi Indonesia Maju (KIM) berkumpul. (Dok: Instagram/@prabowo)
Koalisi Indonesia Maju (KIM) berkumpul. (Dok: Instagram/@prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah pengamat menilai Prabowo Subianto masih bingung menentukan siapa bakal calon wakil presiden yang akan menjadi pasangannya pada Pemilu 2024 nanti. Karena komunikasi yang terjadi dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum selesai dan tinggal menunggu waktu dan momentum yang tepat saja. 

Eksekutif Director Algoritma Research and Consulting Aditya Perdana mengatakan KIM saat ini sedang bermanuver dan berkonsolidasi karena kemungkinan besar akan mengajak Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres Prabowo. 

“Saya bisa memahami deklarasi dan pendaftaran pasangan ini belum bisa dilakukan dalam waktu dekat karena bisa jadi komunikasinya belum selesai. Hal yang mungkin dilakukan segera dan memang sudah terlihat bahwa dia harus menyelesaikan sowan atau berkomunikasi secara resmi kepada seluruh pimpinan partai politik di KIM,” kata Aditya saat dihubungi, Minggu (22/10/2023).

Pendapat yang sama dikemukakan Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin. Dia berpendapat, setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menyetujui perihal siapa pun yang berusia di bawah 40 tahun tetap bisa mendaftarkan diri di pilpres asalkan pernah atau sedang menjabat sebagai kepala daerah, Gibran harus berkomunikasi dan meminta restu seluruh ketua umum KIM. Adapun, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan baru saja tiba di Indonesia, Jumat (20/10). 

“Karena bagaimanapun untuk mengumumkan cawapres butuh restu ketua umum dari partai politik dari KIM. Zulhas kan baru sampai, kedua menunggu gong dari Golkar yang mengusung Gibran jadi cawapres dari situ mulai kelihatan petanya,” katanya.