Logo Bloomberg Technoz

Patrick yang juga investor awal di GOTO, justru secara perlahan mengakumulasi saham GOTO. Pembeliannya dilakukan menggunakan atas nama pribadi.

Langkah Patrick dilakukan ketika saham GOTO terkena tekanan besar yang terjadi sesudah William Tanuwijaya mengumumkan penjualan saham. 

“Sehubungan dengan keterbukaan informasi yang baru saja dikeluarkan Perseroan, saya ingin menegaskan bahwa keputusan pribadi dari beberapa mantan direksi  untuk menjual saham yang dimilikinya tidak menunjukkan hilangnya kepercayaan kepada Perseroan atau prospek bisnisnya. Keputusan tersebut adalah keputusan pribadi yang bergantung pada kondisi masing-masing individu,” kata Patrick dalam jawaban tertulis kepada Bloomberg Technoz, dikutip Sabtu (21/10/2023).

Saham GOTO Babak Belur hingga Selalu Jadi Pemberat IHSG

Sepekan terakhir, saham GOTO babak belur dengan penurunan hingga 10,45%, berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI). Bahkan dalam perdagangan Jumat lalu, harga saham GOTO anjlok 6,25% dan berakhir di Rp60/lembar saham. 

Investor asing tercatat melakukan aksi jual bersih atau net sell Rp22,66 miliar di seluruh pasar sepanjang perdagangan kemarin. Dengan demikian, akumulasi net sell saham GOTO selama satu pekan mencapai Rp141,90 miliar.

Jika ditarik data sejak awal tahun atau year to date (ytd), saham GOTO telah mengakumulasi penurunan 34,07% dengan nilai net sell mencapai Rp269,24 miliar.

Alhasil, saham GOTO selalu menempati urutan teratas pemberat atau laggard Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di setiap rentang waktu tertentu. Untuk perdagangan kemarin misalnya, penurunan saham GOTO berimbas pada berkurangnya bobot indeks sebanyak 8,28 poin.

Selama satu bulan terakhir, penurunan saham GOTO mengurangi indeks sebanyak 51,78 poin. Sejak awal tahun, saham GOTO juga menjadi laggard utama IHSG usai mengurangi 69,31 poin indeks.

Respons Airlangga Soal Kehadiran Gibran di Rapimnas Golkar

Ketua Umum Partai Golkar tidak menjawab dengan gamblang soal kabar kehadiran Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar. 

Gibran menjadi nama yang santer dibicarakan sebagai bakal calon wakil presiden dari Prabowo Subianto atau bakal calon presiden yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Gibran dikabarkan akan hadir dalam Rapimnas Golkar. “Kita lihat nanti,” ujar Airlangga di Kantor DPP Golkar, Sabtu (21/10/2023) saat ditanya apakah Gibran diundang ke Rapimnas tersebut. 

Kue Prabowo di Pilpres: Belah Jateng atau Pungut Sisa di Jatim

Koalisi PDI Perjuangan bersama PPP, Hanura, Perindo resmi mengusung Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD untuk maju di Pilpres 2024. Keduanya sudah didaftarkan ke KPU sebagai bakal capres-cawapres, Kamis (19/10/2023).

Penunjukan Mahfud dilatarbelakangi beberapa alasan. Ketua Umum PDIP Megawati menilai Mahfud politikus ulung di semua trias politika nasional. Mahfud, ungkap Mega, mewakili sosok pro-kerakyatan dan 'pendekar wong cilik'.

Terlepas dari semua argumentasi politik yang mengemuka, sosok Mahfud membawa koper elektoral: Nahdlatul Ulama (NU) dan Jawa Timur. Mahfud merupakan tokoh NU--seperti halnya Ma'ruf Amin-- dan juga berasal dari Jawa Timur, tiga dari basis suara terbesar di Pemilu selain Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Saya melihat Mahfud dipilih karena empat varibel: berpengalaman, intelektualitas, kedekatan dengan Ganjar, dan Nahdlatul Ulama. Variabel keempat ini yang paling utama," ujar Direktur Eksekutif Skala Survei, Abdul Hakim, kepada Bloomberg Technoz, Sabtu (21/10/2023).

Melalui penunjukan Mahfud, kata Abdul Hakim, maka ceruk suara di kalangan NU dan khususnya Jawa Timur sudah terkonsentrasi pada dua kekuatan: Mahfud dan Muhaimin Iskandar. Realitas ini yang tentunya akan menjadi pertimbangan Prabowo dalam menunjuk cawapres.

Analisis selengkapnya bisa diklik di berita ini.

Ketum Golkar Airlangga Usung Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyatakan, partainya mendukung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto. Dukungan ini ia sampaikan dalam rapat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Ia mengatakan, setelah mencermati perkembangan dan mempertimbangkan kepentingan lebih besar untuk bangsa negara, serta demi menjaga stabilitas politik, Partai Golkar mendukung Gibran Rakabuming.

“Setelah mencermati dengan seksama dan perkembangan, mengedepankan kepentingan lebih besar untuk bangsa dan negara, menjaga stabilitas politik dan berdasarkan hasil pertemuan Ketua DPD, kami rapat cukup lama, cukup hangat tapi semua konsensus, Mengusulkan dan mendukung Gibran Rakabuming Raka kita pasangkan dengan Pak prabowo sebagai calon wakil presiden Republik Indonesia," kata Airlangga, Sabtu (21/10/2023).

Anies-Muhaimin Lakukan Serangkaian Tes Kesehatan hingga 10 Jam

Tes kesehatan asangan calon atau paslon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Anies-Muhaimin) dijadwalkan pada hari ini, Sabtu (21/10/2023).

Berdasarkan pantauan Bloomberg Technoz, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin tiba lebih dulu di RSPAD Gatot Subroto. Ia datang sekitar pukul 6.50.

Anies Baswedan menyusul kemudian. Ia tiba sekitar pukul 7.00.

Tes kesehatan merupakan syarat wajib untuk menentukan layak atau tidaknya menjalankan tugas presiden dan wakil presiden satu periode ke depan. Bukan hanya kesehatan fisik, kedua pasangan calon (paslon) juga akan mengikuti serangkaian kesehatan mental.

Serangkaian tes kesehatan dilakukan oleh 50 dokter yang terlibat dalam kepanitiaan. Durasi pemeriksaan bisa berlangsung antara delapan jam hingga sepuluh jam

Satset Gibran: Drama MK, Jurkam Ganjar yang Diusung ke Prabowo

Laju putera Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming kian mulus menjadi bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Partai Golkar memutuskan hasil Rapimnas Golkar dengan mengusung Gibran sebagai cawapres.

"Bismillah dengan ini Golkar mengusung Mas Gibran untuk mendampingi bapak Prabowo Subianto di Pilpres 2024," ujar Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Sabtu (21/10/2023).

Hingga saat ini ada dua partai pendukung yang telah mengusung Gibran: Partai Gelora dan Golkar. Sejumlah nama lainnya yang masih dalam orbit Prabowo yakni Khofifah yang disodorkan Partai Demokrat dan Erick Thohir yang dimandatkan PAN.

Ditarik 1-2 hari ke belakang, nama Gibran menyodok dalam bursa cawapres menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan seseorang di bawah usia 40 tahun menjadi capres/cawapres asal pernah menjabat posisi di pemerintahan.

Analisis selengkapnya bisa dibaca di berita ini.

Daftar Kepala Daerah dari PDIP Jurkam Ganjar-Mahfud

PDI Perjuangan menginstruksikan kepada seluruh kader yang merupakan kepala daerah untuk memenangkan pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pemilu 2024.

Instruksi tersebut tertuang dalam surat resmi yang dikeluarkan oleh Dewan Perwakilan Pusat atau DPP PDI Perjuangan dengan nomor 5640/IN/DPP/X/2023, perihal Instruksi dan Penugasan ditujukan kepada kepala daerah kader PDI Perjuangan. 

"Bergerak cepat melakukan pemetaan dan menyusun strategi penggalangan pemilih muda di wilayah masing-masing," isi surat tersebut yang ditandatangani oleh Hasto di Jakarta, dikutip Jumat (20/10/2023). 

Di antara daftar nama Kepala Daerah itu, tercantum juga dua nama keluarga Jokowi yakni M. Bobby Afif Nasution, menantu Jokowi yang kini menjabat sebagai Walikota Medan. Lalu, Gibran Raka Buming Raka yang kini menjabat sebagai Wali Kota Surakarta alias Solo.

Yang menarik, penunjukan PDI Perjuangan itu tidak berjeda lama dengan keputusan Rapimnas Partai Golkar yang memutuskan mengusung Gibran sebagai bakal cawapres Prabowo.

Bertambah Satu Kasus di Jakarta, Waspadai Gejala Cacar Monyet

Kasus cacar monyet (Mpox) di Indonesia kembali bertambah. Ada satu tambahan kasus di DKI Jakarta.

Siti Nadia Tarmizi, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes membenarkan adanya tambahan kasus tersebut. "Iya," jawabnya singkat saat dikonfirmasi Bloomberg Technoz, Jumat (20/10/2023).

Dengan adanya tambahan kasus, artinya sudah ada tiga kasus cacar monyet yang terjadi di DKI Jakarta. “Saat ini masih dalam penelurusan [sumber penularan],” kata Nadia.

Untuk skala global, diperkirakan terjadi sekitar 90.618 kasus cacar monyet. Dari jumlah ini, 157 kasus berujung pada kematian.

Gejala umum yang dirasakan pasien campak monyet adalah mual dan demam. Serta juga merasakan lesi kulit di daerah gonital dan merasakan sakit saat menelan makanan.

(rui)

No more pages