Logo Bloomberg Technoz

Bitcoin naik sebanyak 5,2% menjadi $30,223 pada pukul 7:30 pagi di New York, membawanya kembali ke level harga yang terakhir terlihat pada bulan Agustus. XRP, token yang berafiliasi dengan Ripple Labs, naik untuk hari kedua, naik 2,7% menjadi sekitar 52 sen.

Pergerakan Bitcoin, yang menyumbang sekitar setengah dari nilai pasar sektor kripto, membantu memacu reli yang lebih luas pada token-token yang lebih kecil. Ether diperdagangkan naik 3,2%, sementara yang disebut altcoin seperti SOL dari Solana dan MATIC dari Polygon masing-masing naik 7,8% dan 4,4%. 

SEC meminta hakim federal pada hari Kamis untuk membatalkan kasusnya terhadap salah satu pendiri Ripple, Christian Larsen, dan kepala eksekutif Bradley Garlinghouse, mengakhiri gugatan yang menuduh pasangan tersebut menyesatkan investor dalam cryptocurrency XRP dengan menjual lebih dari $ 1 miliar token tanpa mendaftarkannya.

Langkah ini disambut positif oleh para investor sebagai tanda bahwa badan pengawas mungkin akan segera menyetujui masalah yang jauh lebih besar - apakah mereka memiliki hak untuk mengatur aset kripto sebagai sekuritas atau tidak.

Dengan membatalkan gugatan tersebut, SEC bebas untuk fokus pada pengajuan banding atas putusan bulan Juli yang membuat Hakim Distrik AS Analisa Torres mengatakan bahwa XRP bukanlah sekuritas saat dijual kepada masyarakat umum di bursa kripto.

Analisis oleh Bloomberg Intelligence pada hari Kamis menunjukkan bahwa Ripple masih memiliki kemungkinan 70% untuk menang atas SEC jika terjadi banding, meskipun pengajuan semacam itu mungkin tidak akan sampai pada pertengahan hingga akhir tahun 2024.

"Meskipun bermanfaat bagi industri kripto, keputusan dalam SEC v. Ripple adalah hasil yang agak beragam untuk Ripple," kata Elliott Z. Stein, analis litigasi senior untuk Bloomberg Intelligence. "Di satu sisi, token XRP-nya dapat diperdagangkan secara bebas di pasar sekunder, untuk saat ini.

Di sisi lain, Ripple mungkin harus melepaskan hingga US$729 juta dalam penjualan institusional yang tidak terdaftar dan dapat dikenakan penalti. Fase selanjutnya dari kasus ini akan menentukan solusi."

Pergerakan Bitcoin sebelumnya di atas US$30.000 pada hari Senin terjadi setelah sebuah laporan media secara keliru menyarankan SEC telah menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa yang terkait langsung dengan harga Bitcoin - sebuah tanda betapa bersemangatnya para investor kripto untuk melihat produk semacam itu berhasil melewati batas.

"Permintaan institusional untuk ETF Bitcoin spot lebih kuat dari sebelumnya. Bagi banyak institusi, ini adalah masalah kapan - bukan jika - SEC akan menyetujui ETF Bitcoin spot, "Diogo Mónica, salah satu pendiri dan presiden bank kripto Anchorage Digital, mengatakan dalam sebuah email pada hari Kamis.

"Pada akhirnya, ETF Bitcoin spot akan membawa kita lebih dekat ke masa depan di mana semua institusi besar dapat berpartisipasi secara langsung dalam kelas aset digital."

(bbn)

No more pages