Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Tambah Alat Kesehatan RS Apung dr. Lie Dharmawan II

Pramesti Regita Cindy
20 October 2023 17:30

Ilustrasi rumah sakit. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi rumah sakit. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadiki mengunjungi Rumah Sakit (RS) Apung dr. Lie Dharmawan II yang sedang berlabuh di Pulau Karimunjawa sejak 16 Oktober 2023 lalu.

RS Apung ini merupakan inisiatif dari Yayasan Dokter Peduli (DoctorSHARE) dan bertujuan memberikan pelayanan kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DPTK). Budi menyatakan pemerintah akan membantu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di RS Kapal dengan pemberian sejumlah alat dan fasilitas.

"Jadi nanti akan punya cap snap, akan punya mammogram, dan akan saya kasih imunohistokimia buat patologi anatomi, kasih digital scanner biar bisa telehealth," ujar Budi dalam keterangan resminya, dikutip (20/10/2023)

Menkes juga akan memberikan beberapa alat kesehatan lainnya seperti ventilator untuk bayi dan portable x-ray untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas alat kesehatan di RS Apung dr. Lie Dharmawan II.

Pelayanan Kesehatan terapung tersebut diketahui saat ini telah memegang payung hukum melalui Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 33 Tahun 2023 tentang Rumah Sakit Kapal. Hal ini bertujuan untuk memastikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan efektif.