Logo Bloomberg Technoz

Lebih lanjut,  dia mengingatkan kepada perusahaan minyak milik negara bahwa prioritas mereka seharusnya adalah membuat harga satuan LPG semurah mungkin, terlebih LPG 3 kg yang disubsidi oleh pemerintah.

“LPG subsidi, padahal kita punya gas lebih banyak dan kami kemarin sudah rapat dengan SKK Migas dan Menteri ESDM untuk fokus dalam rangka hilirisasi dari bahan baku gas untuk jadi bahan baku metanol, blue ammonia, pupuk, maupun LPG. Kalau tidak, bahaya ini. Impor kita 7 juta ton. Berapa ratus triliun itu devisa kita keluar?” ujar Bahlil.

BKPM mencatat realisasi investasi penghiliran industri sepanjang kuartal I—III tahun ini mencapai Rp266 triliun. Capaian tersebut terdiri dari penghiliran di sektor mineral dalam bentuk fasilitas pengolahan atau smelter senilai Rp151,7 triliun.

Investasi smelter dari sektor pertambangan nikel sepanjang Januari—September 2023 disebutkan mencapai Rp97 triliun, sedangkan dari bauksit Rp7,1 triliun.

Di luar sektor pertambangan mineral logam, investasi penghiliran sepanjang periode yang sama juga ditopang oleh sektor pertanian subsektor oleokimia dari industri minyak kelapa sawit senilai Rp39,5 trliliun; sektor kehutanan subsektor pulp dan kertas Rp34,8 triliun; serta migas subsektor petrokimia Rp31,6 triliun.

(wdh)

No more pages