Logo Bloomberg Technoz

Penerbitan Daftar Positif Barang Impor Tunggu Zulhas Pulang

Dovana Hasiana
20 October 2023 08:30

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Dok: Kemendag)
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (Dok: Kemendag)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penerbitan daftar positif (positive list) atau barang impor di bawah USD100 yang boleh diperdagangkan secara langsung masih menunggu kepulangan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) ke Jakarta. 

Zulhas dan sejumlah menteri tengah mendampingi Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke China dan Arab Saudi. 

Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa, Ditjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Rifan Ardianto mengatakan penerbitan positive list masih belum bisa dilakukan karena menunggu hasil rapat koordinasi (rakor) tingkat menteri dan menunggu kepulangan Zulhas dari kunjungan kerja. Namun, dirinya menegaskan bahwa positive list ditargetkan terbit bulan ini.

“Masih kami siapkan dan menunggu hasil rapat koordinasi tingkat menteri untuk finalnya. Jadi belum bisa kami sampaikan,” ujar Rifan saat dihubungi Bloomberg Technoz, Jumat (20/10/2023). 

Setelah rakor tingkat menteri, Zulhas akan menerbitkan positive list, sebab berdasarkan keterangan Rifan, tidak ada tahapan lain yang harus ditempuh setelah pelaksanaan rakor tingkat menteri. 

Artikel Terkait