Logo Bloomberg Technoz

Kisah Mahfud MD Gagal Digandeng Jokowi Akhirnya Dirangkul Ganjar

Dovana Hasiana
20 October 2023 04:04

Bacapres Ganjar Pranowo dan bacawapres Mahfud MD melakukan pendaftaran di Kantor KPU, Kamis (19/10/2023). (Bloomberg Tehnoz/Andrean Kristianto)
Bacapres Ganjar Pranowo dan bacawapres Mahfud MD melakukan pendaftaran di Kantor KPU, Kamis (19/10/2023). (Bloomberg Tehnoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kenangan gagal menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2019 silam diutarakan Mahfud MD pada saat pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud siap-siap mendaftarkan diri ke KPU. Mahfud kala berbicara di Tugu Proklamasi menyinggung soal kemeja putih yang dia kenakan yang akhirnya "berjodoh" dipakai ke KPU. 

Pada 2019 silam, Mahfud MD memang merupakan kandidat terkuat cawapres bagi Joko Widodo (Jokowi). Namun karena dikabarkan tak ada titik temu di koalisi, Mahfud tak jadi digaet ke KPU pada saat-saat terakhir. Jokowi kemudian disandingkan dengan Ma'ruf Amin dan pasangan itu menang di Pilpres 2019 mengalahkan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno.

"Kemeja putih ini yang saya pakai 5 tahun lalu saya siapkan, untuk daftar ke KPU dahulu, tapi tidak jadi. Ternyata ada pesan Tuhan di baju ini," kata Mahfud MD di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta, Kamis siang (19/10/2023).

Insya Allah kalau dahulu pak Mahfud tidak jadi wapres, hari inilah saatnya

Ganjar Pranowo

Diketahui Tugu Proklamasi merupakan titik kumpul relawan dan pendukung Ganjar-Mahfud sebelum mereka konvoi ke Taman Suropati hingga tiba di tujuan yakni gedung KPU. Ganjar dan Mahfud pada Kamis resmi mendaftarkan diri sebagai bakal capres-cawapres di Pemilu 2024.

Pasangan Bakal Capres-Cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD ditemani pendamping di Tugu Proklamasi. Foto: Dova/Bloomberg Technoz

Sementara pada acara relawan malam harinya di gedung Arsip Nasional, Ganjar Pranowo sempat menyinggung soal Mahfud yang akhirnya menjadi bakal cawapres. Dalam pidatonya, Ganjar mengatakan akhirnya waktu menunjukkan Mahfud bisa menjadi bakal calon RI 2.