Logo Bloomberg Technoz

Sarapan Ala Inggris Turun Harga, Dampak Inflasi Makanan Melambat

News
19 October 2023 20:00

Menu sarapan Inggris. (Sumber: Bloomberg)
Menu sarapan Inggris. (Sumber: Bloomberg)

Katie Linsell - Bloomberg News

Bloomberg, Harga sarapan lengkap di Inggris turun untuk ketiga kalinya dalam lima bulan, seiring dengan perlambatan inflasi pangan bagi konsumen di Inggris.

Total biaya semua komponen makanan sarapan turun sebesar 23 pence menjadi £35,92 (Rp690 ribu) pada bulan September, menjadi bukti lebih lanjut bahwa harga-harga mulai menurun setelah kenaikan selama dua tahun.

Indeks Sarapan bulanan Bloomberg menggunakan ukuran produk yang diberikan oleh Kantor Statistik Nasional untuk menghitung harga sosis, bacon, telur, roti, mentega, tomat, jamur, susu, teh, dan kopi. Ini memberikan gambaran dampak nyata biaya makanan bagi warga Inggris.

"Lebih banyak barang dalam keranjang belanja konsumen pada bulan September sebenarnya lebih murah dibandingkan dengan musim panas sebelumnya, hal ini memiliki dampak psikologis yang besar pada perasaan keuangan konsumen," kata Lisa Hooker, pemimpin industri pasar konsumen di PricewaterhouseCoopers LLP. PwC memperkirakan harga makanan akan terus menurun hingga akhir tahun.

Data Minimum total price of all ingredients. (Sumber: Bloomberg)