Logo Bloomberg Technoz

Pengenalan berhasil fitur pembagian berbayar, yang memungkinkan pelanggan membeli akses tambahan untuk teman atau keluarga, telah memberikan keberanian kepada Netflix untuk menaikkan harga di beberapa pasar terbesarnya. 

Eropa, Timur Tengah, dan Afrika menyumbang sebagian besar pertumbuhan Netflix pada kuartal ketiga. Perusahaan ini menambahkan hampir 4 juta pelanggan di wilayah tersebut. Jumlah rata-rata yang diperoleh Netflix per pelanggan tidak berubah banyak dalam setahun terakhir.

Pada kuartal ini, Netflix memprediksi pendapatan sebesar US$8,69 miliar dan laba sebesar US$2,15 per saham, keduanya sedikit di bawah perkiraan Wall Street. Perusahaan tersebut mengatakan penambahan pelanggan akan serupa dengan kuartal yang baru berakhir, dengan selisih beberapa juta.

Manfaat dari perangkat keras pengamanan kata sandi akan terus berlanjut dalam beberapa kuartal mendatang karena Netflix telah mengimplementasikan rencana tersebut secara bertahap.

"Kami sangat senang dengan perkembangan ini," kata Greg Peters, co-Chief Executive Officer, dalam wawancara berbentuk video yang dirilis setelah hasil keluar.

Penindakan terhadap pembagian kata sandi adalah salah satu dari beberapa inisiatif besar di Netflix, yang berusaha menghidupkan kembali pertumbuhan setelah satu atau dua tahun yang lambat. 

Perusahaan ini juga meluncurkan versi layanan streaming yang didukung iklan di 12 pasar. Sekitar 30% pelanggan baru di pasar tersebut memilih iklan pada kuartal lalu, kata perusahaan tersebut.

Netflix telah kembali ke pertumbuhan saat banyak pesaingnya kesulitan mencari cara untuk menjalankan operasi streaming mereka. Walt Disney Co., Warner Bros Discovery Inc., dan Paramount Global semuanya telah memangkas biaya dan mem-PHK staf mereka untuk meningkatkan kinerja keuangan mereka. Mereka telah menghabiskan miliaran dolar untuk mendanai layanan streaming baru yang dapat menggantikan jaringan TV linier mereka yang menurun. Namun, sebagian besar layanan streaming yang lebih baru mengalami kerugian.

Di sisi lain, Netflix melaporkan pendapatan dan keuntungan kuartal ketiga yang melebihi ekspektasi Wall Street. Laba naik menjadi US$3,73 per saham, mengalahkan perkiraan sebesar US$3,56, sementara pendapatan tumbuh 7,8% menjadi US$8,54 miliar, sedikit melebihi perkiraan.

Perusahaan juga mengatakan margin keuntungan akan meningkat setidaknya menjadi 22% tahun depan dan memiliki potensi untuk tumbuh lebih lanjut dalam beberapa tahun mendatang.

Arus kas diperkuat oleh pemogokan kerja di Hollywood. Manajemen mengharapkan arus kas bebas sebesar US$6,5 miliar tahun ini, naik dari perkiraan sebelumnya setidaknya US$5 miliar. Ini termasuk sekitar US$1 miliar lebih sedikit dalam pengeluaran konten akibat pemogokan.

Kapal Going Merry. (Sumber: Bloomberg/Netflix)

Namun pemogokan kerja hanya memiliki sedikit dampak pada jadwal rilis Netflix karena banyak program sudah selesai. Perusahaan ini merilis musim baru dari serial populer seperti Virgin River dan Heartstopper serta menciptakan hits baru seperti adaptasi manga One Piece.

Namun, hit terbesar Netflix dalam kuartal tersebut bukanlah karya asli. Suits, sebuah serial yang pertama kali ditayangkan di USA Network, adalah program yang paling banyak ditonton di layanan streaming sepanjang musim panas berkat penayangan di Netflix. 

Pada hari Rabu, perusahaan juga mengumumkan kesepakatan untuk merilis film animasi yang diproduksi oleh Skydance Media milik David Ellison.

"Kami telah menunjukkan bahwa dengan disiplin dan fokus jangka panjang, Anda dapat membangun bisnis streaming yang kuat dan berkelanjutan," kata perusahaan tersebut dalam surat kepada para pemegang saham.

(bbn)

No more pages