Logo Bloomberg Technoz

Di Timur Tengah, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres akan tiba di Mesir, sehari setelah kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Israel. Sementara Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak telah memulai perjalanan dua hari ke wilayah tersebut.

Perhatian investor kemudian akan beralih ke data AS untuk mengetahui data baru mengenai perekonomian. Gubernur Bank Sentral AS Federal Reserve (the Fed), Jerome Powell, melengkapi catatan harian sibuk lainnya yang berisi pidato para pejabat the Fed.

"Pasar mengantisipasi bahwa the Fed akan menjaga suku bunga saat ini, tetapi mereka mengharapkan konfirmasi dan kejelasan dari Powell mengenai pandangan bank sentral terhadap kondisi ekonomi saat ini dan tren jangka panjang," kata ekonom di Rand Merchant Bank di Johannesburg.

Dalam mata uang, shekel Israel melemah selama sembilan hari berturut-turut, yang merupakan rangkaian terburuk sejak tahun 2020. Dolar tetap stabil, sementara yen menguat sedikit karena ekspor Jepang naik lebih dari yang diharapkan pada bulan September. Para trader bersiap untuk perdagangan yang bergejolak di pasar mata uang akibat kekhawatiran yang semakin berkembang bahwa otoritas Jepang akan melakukan intervensi.

Harga minyak turun karena AS melonggarkan sanksi minyak mentah terhadap Venezuela, yang berpotensi membantu pasokan global. Sementara para trader mengawasi perkembangan di Timur Tengah. Harga emas tetap stabil karena adanya permintaan aset safe haven setelah mengalami kenaikan hampir 7% sejak serangan oleh Hamas pada Israel pada 7 Oktober.

"Departemen Keuangan AS belum memenuhi peran safe-haven mereka dalam beberapa hari terakhir, dengan data kuat AS mengalahkan kekhawatiran tentang konflik yang semakin dalam di Timur Tengah," kata Mark Haefele, kepala investment officer di UBS Global Wealth Management. "Sebagai gantinya, investor telah melihat ke emas dan minyak sebagai lindung nilai terhadap risiko geopolitik."

Beberapa pergerakan utama di pasar:

Saham

- Stoxx Europe 600 turun 0,9% pada pukul 09:09 waktu London
- S&P 500 berjangka turun 0,3%
- Nasdaq 100 berjangka turun 0,2%
- Kontrak Dow Jones Industrial Average berjangka turun 0,3%
- Indeks MSCI Asia Pasifik turun 1,5%
- Indeks Pasar Berkembang MSCI turun 1,2%

Mata uang

- Indeks Bloomberg Dollar Spot sedikit berubah
- Euro sedikit berubah pada $1,0540
- Yen Jepang sedikit berubah pada 149,81 per dolar
- Yuan offshore sedikit berubah pada 7,3303 per dolar
- Pound Inggris turun 0,1% menjadi $1,2122

Kripto

- Bitcoin naik 0,3% menjadi $28,358.39
- Eter turun 0,6% menjadi $1,552.61

Obligasi

- Imbal hasil Treasury 10-tahun naik lima basis poin menjadi 4,96%
- Imbal hasil 10-tahun Jerman naik dua basis poin menjadi 2,95%
- Imbal hasil 10-tahun Inggris naik lima basis poin menjadi 4,71%

Komoditas

- Minyak mentah Brent turun 1,2% menjadi $90,36 per barel
- Harga emas di pasar spot naik 0,3% menjadi $1,952.88 per ounce

Berita ini diproduksi dengan bantuan Bloomberg Automation.

(bbn)

No more pages