Logo Bloomberg Technoz

Media Asing Ikut Soroti Kehebohan Pendaftaran Capres-Cawapres RI

Delia Arnindita Larasati
19 October 2023 15:40

Pendukung Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD. Foto: Pramesti/Bloomberg Technoz
Pendukung Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD. Foto: Pramesti/Bloomberg Technoz

Bloomberg Technoz, Jakarta - Media-media asing ikut memberitakan kehebohan pendaftaran dua bakal calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) hari ini, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk pemilihan umum (pemilu) empat bulan lagi.  

Reuters, media asal Inggris, menyoroti dua mantan gubernur "populer" yang secara resmi mendaftarkan diri ke KPU untuk menggantikan posisi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Media tersebut menyoroti proses pendaftaran yang diramaikan para pendukung masing-masing kubu, dengan Anies dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tiba di KPU dengan menggunakan mobil jeep beratap terbuka.

Sementara itu Channel News Asia (CNA) yang berasal dari Singapura, menyoroti bagaimana pada suporter melantunkan "doa-doa Islam" dan menyanyikan lagu-lagu untuk mengiringi perjalanan pasangan Anies dan Cak Imin. 

Begitu juga dengan kehebohan pasangan Ganjar dan Mahfud MD yang diiringi oleh marching band dan penari yang mengenakan kostum tradisional dari berbagai provinsi di Indonesia.

Media The Star asal Malaysia, juga memberitakan pendaftaran pasangan Anies dan Cak Imin ke KPU lewat artikel berjudul "Ex-Jakarta Governor Registers as Presidential Candidate."