Logo Bloomberg Technoz

Pasar melihat, putusan tersebut justru menguatkan sentimen 'Dinasti Jokowi', yang justru bisa jadi bumerang hingga menurunkan elektabilitas capres-cawapres yang didukung Jokowi.

Putusan itu, ditambah dengan keputusan PDI Perjuangan untuk menduetkan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, membuat posisi Prabowo Subiyanto 'menggantung'.

Mempertimbangkan pola tersebut, elektabilitas Anies-Muhaimin berpeluang meningkat jika Prabowo menerima Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres.

Sehingga, hampir bisa dipastikan, pasar keuangan akan turun jika Anies-Muhaimin yang terpilih. Sebab, keduanya cenderung bertindak sebagai oposisi, sehingga akan ada banyak perubahan kebijakan. Pada saat yang sama, pasar selalu tidak suka dengan perubahan yang drastis.

Head of Indonesia Research & Strategy J.P. Morgan Indonesia Henry Wibowo mengamini apa yang tengah menjadi sudut pandang pelaku pasar tersebut. Stabilitas politik menjadi faktor penting untuk pasar keuangan demi menjaga arus dana masuk investor asing, baik ke pasar saham maupun surat utang.

"Sikap investor saat ini berharap kelanjutan reformasi kebijakan yang baik, yang dapat menarik investasi luar negeri atau foreign direct investment (FDI) ke Indonesia," jelas Henry.

(mfd/dhf)

No more pages