Logo Bloomberg Technoz

Pasar Keuangan Masih Kurang Suka Formasi Capres-Cawapres Saat Ini

Mis Fransiska Dewi
19 October 2023 13:50

Ilustrasi Pasar Saham Bullish (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Pasar Saham Bullish (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) semakin dalam. Selain imbas sentimen geopolitik yang memicu depresiasi rupiah, penurunan ini juga disebabkan oleh dinamika politik dalam negeri yang terjadi belakangan ini, khususnya terkait formasi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

IHSG kehilangan 51,3 poin atau setara 0,74% ke level 6.876,6 pada penutupan sesi pertama siang ini, Kamis (19/10/2023). Sementara, pagi tadi, indeks kehilangan 0,43% poinnya ke level 6.898.

Pelaku pasar sejatinya sudah mulai memusatkan perhatiannya sejak putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan gugatan soal usia minimal capres dan cawapres awal pekan ini.

Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma mengatakan, sejak awal, putusan MK bisa mempengaruhi pasar keuangan domestik. "Bisa berpengaruh karena terjadi perubahan peta dukungan yang bisa memanaskan situasi," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang Bloomberg Technoz himpun dari pelaku pasar adalah, putusan MK kemarin memang menimbulkan ketidakpastian baru di pasar.