Logo Bloomberg Technoz

Limousin Cadillac, Mobil Soekarno Pimpin Konvoi Ganjar-Mahfud

Fransisco Rosarians Enga Geken
19 October 2023 14:20

Capres Ganjar Pranowo menuju KPU. Foto: Dova/Bloomberg Technoz
Capres Ganjar Pranowo menuju KPU. Foto: Dova/Bloomberg Technoz

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebuah sedan klasik warna hitam memimpin rombongan capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD dalam perjalanan dari Tugu Proklamasi menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). Limousin Cadillac Fleetwood 75 ini adalah kendaraan dinas kepresidenan terakhir Soekarno.

Ganjar dan Mahfud sendiri menempuh perjalanan sejauh 1,8 kilometer tersebut dengan menumpang sebuah mobil jenis pick-up. Keduanya berada di bagian belakang truk yang telah dimodifikasi dengan ornamen rumah warna merah putih.

Mobil mewah keluaran 1964 ini adalah aset negara yang kemudian dilelang Sekretariat Negara pada 1975. Kendaraan ini saat ini menjadi milik seorang kolektor mobil antik dan anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). 

Berdasarkan bentuk fisik, Cadillac Fleetwood 75 ini memiliki gaya khas mobil mewah Amerika Serikat tahun tersebut dengan bentuk panjang hingga enam meter dan melancip pada bagian belakang atau ekor. Kendaraan ini memiliki mesin 6.700 cc dengan transmisi matik. Meski kendaraan umum, mobil dinas Soekarno ini merupakan seri terbatas yang masuk dalam Presidential Series. 

Berdasarkan rencana, pasangan Capres-Cawapres koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut akan mendaftarkan diri sebagai peserta kontestasi Pemilu 2024 pada pukul 11.00 WIB. Akan tetapi, agendanya mundur karena pendaftaran pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan molor.