Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Restui Mahfud MD jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Fransisco Rosarians Enga Geken
19 October 2023 10:55

Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pidie, 27 Juni 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretaroat Presiden)
Keterangan Pers Presiden Jokowi, Pidie, 27 Juni 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretaroat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) merestui dan telah mengeluarkan surat izin bagi Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mohammad Mahfud atau Mahfud MD untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024. Surat tersebut pun sudah dikirimkan Kementerian Sekretariat Negara kepada Mahfud dengan tembusannya pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Sudah diproses. Dikirim malam (Rabu, 18/10/2023)," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam rekaman video yang diterima Kamis (19/10/2023).

Menurut dia, pada awalnya, Mahfud mengirimkan tiga surat kepada Presiden Jokowi melalui Kemensetneg. Surat-surat tersebut pun sudah diterima Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Rabu Sore.

Tiga surat tersebut terdiri dari surat permohonan untuk bertemu dengan presiden Jokowi; surat permohonan persetujuan Menkopolhukam maju sebagai cawapres untuk Pemilu 2024; serta surat permohonan cuti untuk mendaftarkan diri ke KPU pada 19 Oktober 2023.

"Sudah dilaporkan kepada Presiden Jokowi," kata Ari.