Logo Bloomberg Technoz

Airlangga: Pemerintah Bidik Perluasan Ekspor ke Afrika

Dovana Hasiana
19 October 2023 09:30

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto. (Bloomberg Technoz/Mis Fransiska Dewi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah tengah membidik Afrika sebagai pasar baru untuk ekspor.

Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membuka pasar ekspor baru. Apalagi, lanjutnya, Jokowi pada tahun ini baru saja mengunjungi negara-negara di Afrika yang diharapkan bisa membuka pasar yang lebih luas. 

Menurutnya, hal ini dilakukan karena Afrika merupakan salah satu pasar terbesar. Namun, pemerintah tentu perlu membahas berbagai pola-pola perdagangan agar produk Indonesia tidak terhambat dan bisa masuk di negara-negara Afrika. 

“Pasar terbesar salah satunya di Afrika, tapi tentu term of trade jadi isu, term of finance menjadi isu. Jadi berbagai pola sedang dibahas oleh pemerintah karena di negara-negara tersebut butuh produk Indonesia, apakah itu pesawat terbang, kereta api, dan lain-lain,” ujar Airlangga saat ditemui usai membuka kegiatan Trade Expo Indonesia, di ICE BSD, Rabu (18/10/2023).

Selain itu, Airlangga mengatakan pemerintah tengah mengkaji untuk masuk dan menjadi bagian dari The Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP) atau Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik.