Logo Bloomberg Technoz

Hubungan Memburuk dengan AS, China Ingin Merapat Eropa

News
20 February 2023 07:36

Diplomat tinggi China, Wang Yi (Sumber: Bloomberg)
Diplomat tinggi China, Wang Yi (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Pejabat tinggi luar negeri China, Wang Yi mengatakan bahwa para pemimpin negara China dan Eropa harus bersiap untuk bertemu. Hal ini pertanda upaya negara tersebut untuk merayu Eropa di tengah hubungan yang memburuk dengan Amerika Serikat (AS).

Wang menyampaikan hal tersebut pada pertemuan dengan pimpinan Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Josep Borrell di sela-sela Konferensi Keamanan di Munich. Ia mendesak Josep untuk membantu membawa hubungan bilateral kembali ke tingkat pra-epidemi secepat mungkin.

“Kedua belah pihak harus menjaga keterbukaan dan kerja sama, menolak decoupling, dan bekerja sama untuk menjaga stabilitas produksi dan rantai pasokan global,” kata Wang, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri China pada Minggu (19/02/2023).

China telah melobi negara-negara untuk bekerja sama dalam bidang teknologi menyusul kesepakatan AS dengan Belanda dan Jepang pada  bulan lalu untuk membatasi ekspor beberapa mesin pembuat chip canggih ke China, yang salah satu tujuannya adalah untuk membatasi kemajuan militer China.