Logo Bloomberg Technoz

“Risiko eskalasi meningkat seiring dengan pemberitaan terbaru mengenai pengeboman rumah sakit,” kata Jane Foley, kepala strategi valuta asing di Rabobank.

Meskipun hanya ada sedikit tanda-tanda kepanikan, “Jika eskalasinya meningkat, kita bisa memperkirakan akan terjadi peningkatan penghindaran risiko,” katanya, seperti yang diwartakan Bloomberg News.

Para trader telah waspada jika Israel memilih untuk melancarkan serangan darat yang masif ke Gaza, yang mungkin memicu konflik yang lebih luas yang dapat melibatkan Iran, salah satu pemasok minyak utama, dan negara-negara lain.

Di pasar komoditas, Tim Research Phillip Sekuritas Indonesia memaparkan, harga emas naik ke level tertinggi dalam satu bulan, dan harga minyak mentah melonjak seiring dengan meningkatnya ketegangan di Timur-Tengah setelah ratusan orang tewas akibat ledakan di sebuah rumah sakit di Jalur Gaza.

“Di pasar komoditas, harga emas naik ke level tertinggi dalam satu bulan, dan harga minyak mentah melonjak seiring dengan meningkatnya ketegangan di Timur-Tengah setelah ratusan orang tewas akibat ledakan di sebuah rumah sakit di Jalur Gaza,” mengutip riset harian Tim Research Phillip Sekuritas.

Dari regional, data Produk Domestik Bruto (PDB) memperlihatkan ekonomi China berhasil tumbuh 4,9% yoy di kuartal III-2023, melambat dari pertumbuhan 6,3% yoy di kuartal II-2023, namun lebih tinggi dari ramalan pasar, 4,4%, sehingga memberi harapan bahwa pertumbuhan akan mencapai target yang ditetapkan Pemerintah China di sekitar 5% untuk tahun ini.

Data Industrial Production China tumbuh 4,5% yoy di bulan September, sama dengan pertumbuhan di bulan Agustus yang juga adalah laju pertumbuhan tertinggi sejak bulan April 2023 setelah sejumlah inisiatif kebijakan diluncurkan untuk menopang pemulihan ekonomi.

Selanjutnya, penjualan Ritel China naik 5,5% yoy di bulan September, lebih cepat dari kenaikan 4,6% yoy di bulan Agustus, dan melebihi estimasi pasar yang sebesar 4,9%. Pertumbuhan di bulan September ini adalah yang paling cepat sejak bulan Mei.

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memaparkan, IHSG terkoreksi 0,17% ke 6.928 disertai dengan munculnya volume penjualan yang cukup tinggi.

“Selama IHSG belum mampu break area resistance di 6.992 dan 7.046, maka dapat cermati area support yang berada di 6.839, apabila IHSG break area tersebut maka IHSG terkonfirmasi sedang berada pada bagian dari wave c dari wave (ii),” papar Herditya dalam risetnya pada Kamis (19/10/2023).

Herditya melanjutkan, hal tersebut akan membawa IHSG ke rentang area 6.747–6.820 sebagai target koreksi berikutnya.

Bersamaan dengan risetnya, Herditya merekomendasikan saham-saham berikut AKRA, APLN, BRPT, dan ELSA.

Kemudian, Analis Phintraco Sekuritas memaparkan, IHSG berpotensi bergerak fluktuatif di antara range 6.930 – 6.950 pada perdagangan hari ini, Kamis.

“Secara teknikal, pergerakan IHSG masih tertahan oleh batas atas pivot di 6.950. Stochastic RSI kembali memasuki overbought area. Oleh sebab itu, IHSG diperkirakan bergerak fluktuatif di kisaran pivot 6.930 – 6.950 di Kamis (19/10),” tulisnya.

Melihat hal tersebut, Phintraco merekomendasikan saham-saham unggulan meliputi PGEO, SRTG, BBCA, HEAL, BIRD dan SMRA.

(fad/roy)

No more pages