Logo Bloomberg Technoz

Mahfud Klaim Sudah Izin Cuti, Tak akan Terganjal di Pendaftaran

Pramesti Regita Cindy
19 October 2023 04:00

Deklarasi Ganjar Pranowo & Mahfud MD. (Dok PDIP/Monang Sinaga)
Deklarasi Ganjar Pranowo & Mahfud MD. (Dok PDIP/Monang Sinaga)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud MD mengeklaim sudah mendapat izin cuti dari Presiden Jokowi untuk mendaftarkan diri ke KPU RI sebagai calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo pada Kamis (19/10/2023) seperti yang disyaratkan oleh aturan PKPU . 

"Sudah (izin cuti). Sudah saya sudah dapat izin cuti untuk besok. Kalau pejabat setingkat menteri itu cutinya pada saat ada kegiatan misalnya pendaftaran, kemudian kampanye, kemudian tes kesehatan. Itu sudah saya sampaikan," kata Mahfud MD ditemui di gedung Arsip Nasional RI (ANRI) pada Rabu malam (18/10/2023).

Aturan PKPU  mensyaratkan izin kepada presiden bagi pejabat menteri dan kepala daerah yang akan maju di pilpres.  Mahfud pun mengatakan pendaftarannya sebagai bakal calon wakil presiden ini tidak akan terganjal oleh aturan tersebut. 

Namun Mahfud, yang diumumkan sebagai cawapres dari partai koalisi pimpinan PDIP pada Rabu (18/10/2023), mengaku belum bertemu langsung dan menyampaikan soal dia menjadi cawapres kepada Presiden Jokowi.

"Ya bapak presiden belum datang. Jadi kita belum tahu tapi saya sudah membuat surat dan sudah diterima tadi di Setneg. Saya ingin dipanggil pada kesempatan pertama," ujar mantan Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta di Pemilu 2014 itu.