Logo Bloomberg Technoz

Di Deklarasi, Mahfud MD Soroti Ketumpulan Hukum di Kalangan Elite

Pramesti Regita Cindy
18 October 2023 21:07

Deklarasi Ganjar Pranowo & Mahfud MD. (Dok PDIP/Monang Sinaga)
Deklarasi Ganjar Pranowo & Mahfud MD. (Dok PDIP/Monang Sinaga)

Bloomberg  Technoz, Jakarta – Mahfud MD, bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, menjanjikan penegakan hukum yang lebih berimbang dan tidak hanya ‘tajam ke bawah’ di Indonesia.

Mahfud tidak menampik masyarakat, khususnya generasi muda, menginginkan kepastian penegakan hukum yang juga diberlakukan secara tegas untuk masyarakat kelas atas seperti pengusaha dan elite politik.

“Kalau ke atas, antarpengusaha [dan] elite penguasa, itu terkadang tidak memberi kepastian hukum adat.  Tumpang tindih. Ada kolusi, kolusi, dan sebagainya. [Masyarakat kelas] bawah tidak mendapat perlindungan hukum,” ujarnya dalam pidato Deklarasi Dukungan Generasi Milenial di Pilpres 2024, Rabu (18/10/2023) malam.

Untuk itu, dia berpesan agar siapapun penegak hukum ke depannya memberikan kepastian dan ketegasan hukum bagi masyarakat kelas atas, serta perlindungan hukum bagi masyarakat kelas  bawah.

“Dan itu bisa dilakukan oleh anak-anak muda sekarang yang mau berjuang bersama Mas Ganjar dan saya di depan. Mari kita lakukan ini. Kalau saudara punya tekad ini, maka bisa kita lakukan bersama-sama saudara. Semangat untuk membersihkan Indonesia dari korupsi untuk menuju peta jalan Indonesia Emas 2045,” tegasnya.