Logo Bloomberg Technoz

2 WNI Hilang Saat Gempa Turki Ditemukan Meninggal Dunia

Sultan Ibnu Affan
20 February 2023 05:08

Kondisi kota Diyarbakir Turki pascagempa. (Dok. KBRI Ankara via Kemlu RI)
Kondisi kota Diyarbakir Turki pascagempa. (Dok. KBRI Ankara via Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dua orang warga negara Indonesia (WNI) pekerja terapis spa yang sempat dilaporkan hilang kontak usai gempa Turki-Suriah berkekuatan M 7,8 pada Senin (6/2/2023) telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Jenazah dua WNI itu ditemukan di Kota Diyarbakir, Turki. Dua WNI tersebut teridentifikasi dengan nama Irma Lestari asal Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Ni Wayan Supini asal Bali.

Dalam keterangan tertulis, Duta Besar (Dubes) RI untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, kedua korban ditemukan dalam reruntuhan salah satu apartemen di Diyarbakir bersama dengan 89 korban lainnya pada Jumat (17/2/2023) oleh tim gabungan KBRI Ankara-INASAR (BASARNAS). Tim itu diketahui dipimpin langsung oleh Direktur Perlindungan WNI, Judha Nugraha.

Selain itu, Lalu Muhammad Iqbal juga mengatakan bahwa pihaknya telah menghubungi keluarga korban yang berada di Indonesia untuk melakukan upaya pemulangan jenazah ke kampung halamannya. Rencananya, jenazah korban akan dipulangkan dari Adana, Turki menuju Jakarta pada Rabu (22/2/2023) mendatang.

KBRI Ankara saat melakukan pemulasaran 2 WNI pekerja spa terapis yang ditemukan meninggal dunia di Diyarbakir, Sabtu (18/2/2023). (Dok. KBRI Ankara)

"Kita semua sangat berduka cita. Insyaallah dengan telah terkonfirmasinya jenazah kedua saudara kita, KBRI Ankara dan Kementerian Luar Negeri akan segera mengupayakan pemulangan jenazah  ke kampung halaman masing-masing."

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyatakan akan terus berupaya membantu proses pencarian WNI yang hilang pascagempa terjadi. Pemerintah juga telah mengirimkan bantuan logistik, tim medis dan tim evakuasi untuk membantu seluruh WNI dan warga setempat.