Logo Bloomberg Technoz

Alasan Mega Pilih Mahfud: Pendekar Hukum dan Pembela Wong Cilik

Pramesti Regita Cindy
18 October 2023 10:54

Deklarasi cawapres Ganjar Pranowo. Fotografer: Andre Kristianto
Deklarasi cawapres Ganjar Pranowo. Fotografer: Andre Kristianto

Bloomberg Technoz, Jakarta - PDI Perjuangan resmi mengusung Mahfud MD, Menko Polhukam, menjadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden Ganjar Pranowo untuk mengikuti Pemilu Presiden 2024. 

Ketua PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengatakan alasan PDIP dan partai koalisi memilih Mahfud MD karena melihat Mahfud bukanlah sosok yang asing dan punya pengalaman lengkap.

“Beliau sosok yang saya sendiri tidak asing karena beliau pernah menjadi anggota dewan pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila [BPIP] jadi saya bisa sangat mengerti dari cara berpikir. Ketika beliau dipilih untuk menjadi Menkopolhukam, saya guyon sama beliau, “Saya ini dari presiden turun jadi dewan pembina Pancasila. Tapi bapak meroket langsung anggota kabinet. Jadi, tolong ingat bapak seorang intelektual mumpuni,” puji Mega dalam acaa deklarasi Cawapres Ganjar, di kantor DPP PDI Perjuangan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Mega juga mengatakan, pengetahuan dan pengalaman Mahfud di bidang hukum luar biasa. Mahfud juga disebut memiliki pengalaman lengkap di lembaga legislatif, eksekutif dan yudikatif.

“Mahfud dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik. Saya bilang sama beliau “ini hukum jangan semua bungkam. Untuk apa ada aturan hukum kalau semua pada diem". Saya dulu rasanya sepi sendiri kalau saya ngomong [soal hukum] langsung dibullly wartawan, sekarang ada pak Mahfud, nih, belain saya,” kata Mega.